Lorem.Ipsum.Esent

A un Angleso it va semblar un simplificat Angles, quam un skeptic Cambridge amico dit me que Occidental es. Etiam sit amet orci eget eros faucibus tincidunt?

MENU SEHAT 4SEHAT 5 SEMPURNA

Minggu, 23 Oktober 2016

Menu Seimbang


Empat Sehat lima Sempurna



Indonesia mempunyai slogan untuk susunan makanan sehat, bergizi, dan seimbang yaitu “Empat Sehat Lima Sempurna” berupa nasi, sayur, lauk dan buah dilengkapi dengan susu. Berikut uraian singkatnya: 

NASI 
 
   Nasi merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat di Indonesia. Nasi digunakan sebagai sumber karbohidrat. Nasi dapat juga digantikan dengan makanan lainnya, seperti : sorgum, ubi, jagung, sagu, singkong, kentang, talas, gandum, dan garut.
SAYUR
Tiap daerah mempunyai nama khas hidangan sayur yang diramu dan dimasak dari berbagai macam bahan dan bumbu (rempah-rempah).  Misalnya sayur bobor, sayur asam, gudeg, oseng-oseng, dan lain-lain. Bahan sayur antara lain kol, wortel, sawi, tomat, kangkung, daun singkong, kapri, kara, buncis, labu kuning, kacang panjang, daun pepaya, dan nangka muda
LAUK 
Lauk pauk dapat berupa bahan makanan yang direbus atau digoreng begitu saja. Ada pula yang diramu dan dimasak dengan berbagai macam bahan dan bumbu serta diberi nama khusus. Misalnya tempe goreng, tahu bacem, telur rebus, dadar telur, rolade ayam, telur balado, bakso sapi, tahu saus tiram, pepes gurami, perkedel, terik daging, opor ayam, dan semur daging sapi. 
BUAH 
Hidangan buah dapat dimakan langsung tanpa dimasak. Contohnya mangga, sawo, pisang, salak, apel, nanas, pepaya, buah naga, nangka, duku, manggis, rambutan, durian dan belimbing. Banyak mengkonsumsi buah dapat memudahkan buang air besar dan mengencangkan kulit. 

SUSU 
Di dalam susu terkandung berbagai macam zat, terutama lemak, vitamin, protein, dan kalsium. Air susu Ibu (ASI) sangat penting bagi bayi karena selain zat-zat yang terkandung didalamnya, juga untuk menjalin ‘hubungan kejiwaan’ antara ibu dan bayinya.

0 komentar:

Posting Komentar